belajar untuk menulis, dan menulis untuk belajar..

Wednesday, October 6, 2010

waktu yang tak dapat terbeli

waktu adalah sesuatu yg tidak dapat kita beli, karena waktu tak pernah sedetik pun berhenti.. konon tidak ada kata 'sekarang', yang ada hanyalah masa lalu dan masa depan.. apa yg kita sebut 'sekarang' akan menjadi masa lalu beberapa detik kemudian.. kita dapat membeli apa saja asal ada kemampuan untuk membeli (baca:uang), tp apakah ada yg dapat membeli waktu? saya rasa tidak. banyak ilmuwan2 di luar yg mencoba membuat mesin waktu. mereka berharap manusia dapat kembali ke masa lalu. tujuannya apa, entah lah, mungkin ingin memperbaiki kesalahan2 sejarah. ya waktu adalah sejarah. kalau kita sedang mengingat masa2 indah dulu kita berharap ada mesin waktu yg bisa membawa kita ke peristiwa menyenangkan tersebut. dan bila kita sedang mengingat kesalahan2 di masa lalu kita pun berharap agar kita bisa kembali ke saat itu dan mencoba memperbaikinya.



tapi tentu saja itu hanyalah khayalan. khayalan seperti di film Quantum Leap di mana tokohnya kembali ke masa lalu dan memperbaiki sejarah. tidak, sejarah tak akan bisa dirubah. sejarah hidup kita terekam jelas oleh orang lain. orang yg baik tentu akan memiliki rekam jejak yg baik pula, sedang yg buruk, akan dinilai buruk oleh sejarah. sejarah telah mencatat begitu banyak orang baik dan juga begitu banyak orang buruk. orang baik akan selalu dikenang, didoakan, dan dimuliakan oleh generasi penerusnya. sebaliknya tokoh2 yg selama hidupnya berbuat jahat tentu akan dicaci dan dibenci meski dia telah meninggal dunia.

bagaimana dengan kita? apakah kita ingin tercatat dalam sejarah masa depan sebagai orang baik, atau orang jahat? saya yakin semua orang ingin opsi yg pertama. tp sudahkan kita mencoba berbuat baik bagi orang lain? sudahkah kita mencoba memperbaiki kesalahan2 kita di masa lalu? waktu yg akan mencatatnya. kita memang tak dapat membeli waktu, tp kita bisa mengunakan waktu untuk memperbaiki diri. terus belajar menjadi orang baik, agar tercatat dalam sejarah sebagai orang baik.

ingatlah surat Al Ashr (sang waktu): Demi masa. (1) Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, (2) kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menta’ati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran..

No comments: